SAKLAR, PENGERTIAN DAN FUNGSI

dalam instalasi listrik, Saklar merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghubung/pemutus arus listrik yang mengalir. saklar ini selain digunakan pada arus kuat, juga digunakan pada arus lemah. material saklar ini umumnya dipilih dari bahan yang tahan terhadap korosi agar pada penggunaannya lebih efisien. sebenarnya saklar ada banyak jenisnya, namun saya akan membahas tentang saklar tunggal, saklar seri dan sakelar tukar saja. 

1. saklar tunggal
Saklar tunggal
Sesuai dengan namanya, saklar tunggal ini hanya dapat digunakan untuk menghidupkan atau memmatikan suatu kelompok beban saja (bisa terdiri dari dari atau lebih).  dalam hal ini adalah beban penerangan atau lampu listrik.


2. Saklar seri
Saklar Seri
sakelar seri ini memiliki titik hubung yang menghubungkan dan memutuskan penghantar fasa. biasanya saklar ini digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan penghantar fasa secara bersama-sama, sehingga memberikan pelayanan yang lebih aman kepada pemakai.

pemasnagan saklar ini yaitu fasa dari suatu sumber lansung masuk ke terminal tengah dari sakelar seri. sedangkan kedua terminal lainnya lansung ke beban atau lampu 1 dan lampu 2. bila kita akan memasang stop kontak, maka arusnya diambil lansung dari sumber, demikian juga dengan kawat netralnya.

3. saklar tukar
 
Pemasangan saklar tukar
Saklar tukar adalah yang berfungsi untuk sebagai pemutus dan penghubung arus dari sebuah lampu atau sekelompok beban dari tempat yang berbeda. misalnya, jika kita menghidupkan lampu dari lokasi A, maka lampu tersebut juga dapat dimatikan dari lokasi B. begitu juga sebaliknya.

Related Posts:

1 Response to "SAKLAR, PENGERTIAN DAN FUNGSI"